Labels

nnifson.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 30 September 2012

Backpacker Thailand - Day 3 (Phuket)

<< Day 2                                                                                                                              Day 4 >>
Gak tau kenapa, bus baru berangkat pukul 02.00 dinihari. Akhirnya kami sampai di Phuket Town Bus Station 2 pukul 10.00. Kemudian kami naik tuk-tuk ke terminal bus 1 seharga 10 baht. Pukul 10.30 kami naik tuk-tuk lagi ke Patong seharga 35baht. Cuaca waktu itu hujan deras, namun sampai di Patong hujannya reda. Kami rombongan sama bule-bule yang juga mau ke Patong.
Sesampainya di Patong, kami diturunkan di sebuah jalan dekat Hard Rock Cafe setelah sebelumnya di beri tahu sama cewek lokal kalau hotel yang kami tuju dekat dengan jalan itu. Inilah awal dari sebuah perjalanan panjang. Kami susah mencari lokasi hotel yang kami tuju karena disana, hampir seluruh Thailand tidak mencantumkan alamat pada setiap lokasi. Jadi kami harus mencari sendiri lokasi tersebut. Dan orang lokal juga jarang sekali tahu lokasi yang ditanyakan.
*note : ketika sampai di Patong, segera cari tempat persewaan motor untuk mencari lokasi hotel yang akan kita tuju.
Setelah berjalan cukup jauh, kami menemukan seorang bapak pemilik persewaan motor. Ketika kami bertanya tentang alamat hotel yang kita tuju, dia segera membukakan google maps untuk mencari lokasi hotel tersebut. Setelah paham akan lokasi hotel tersebut, kami pun segera menuju ke hotel tersebut. Ternyata hotelnya jauh dari hiruk-pikuk keramaian Patong. Tempatnya sangat terpencil. Namun setelah chek-in rasa capek yang saya rasain terobati. Ketika saya masuk ke hotel, ternyata fasilitas nya sangat mewah seperti hotel bintang 4 dengan harga kaki lima. Namanya Wonderful Patong Guesthouse.

Kamar Hotel
Setelah membersihkan diri, kami pun segera menikmati daerah wisata Patong yang sudah terkenal itu. Sebelumnya kami menyewa motor Honda Click (kalau di Indonesia namanya Honda Vario) seharga 150 baht perhari kepada petugas hotel dan mengisi gasoline 1 liter seharga 40 baht. Saya sempat foto session  di Patong Beach. Ternyata pantainya juga biasa saja, hampir mirip dengan pantai di daerahku. Namun ya beginilah Negara Thailand, bisa menjadikan tempat biasa menjadi luar biasa.
Saya dan Honda Clicks Sewaan

Pantai Patong
Setelah foto-foto, saya melanjutkan perjalanan dengan mengitari Patong Beach dan ke Jungceylon Mall. Mall nya seh biasa, namun ada yang unik disini yaitu adanya atraksi air mancur yang dilaksanakan setiap hari jam 7 dan 9 malam. Pada waktu itu kami kesana pukul 16.00 jadi pertunjukannya belum dimulai. Kami pun membeli makan rice roasted chicken di KFC seharga 109 baht. Wuih, bawang bombainya dominan banged. Tidak sesuai dengan lidahku. Tapi saya harus makan untuk bertahan hidup.
Di Jungceylon Mall
Setelah makan, kami berencana pulang. Namun sebelum pulang, saya berhenti dulu untuk menyaksikan anak-anak muda disana ngamen. Dan itu yang saya salut. Mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang ­dance dan mengumpulkan pundi-pundi uang dari penampilan mereka itu. Salut deh buat mereka.
Sebelum tiba di hotel, saya sempatkan untuk membeli pulsa di Family Mart. Pembelian pulsa disana berbeda dengan di Indonesia. Family Mart hanya memberikan secarik nota pembelian pulsa yang didalamnya ada sederet kode pulsa. Nah, selanjutnya pembeli melakukan pengisian sendiri. Saya pun segera melakukan Top-Up namun gak tau kenapa pulsanya tidak masuk, padahal sudah ada SMS yang menyatakan pengisian pulsa berhasil.
Saya pun kembali lagi kesana dan saya suruh mbak kasir nya untuk mengisikan pulsanya.hehe. dan ternyata berhasil juga. Apa aku yang salah ya? Tapi gak tau lah. Yang penting udah masuk.
Setelah itu, saya menghubungi Ms Ladda untuk mengikuti trip ke Phi-Phi Islands. Sebelumnya, saya mengetahui Ms Ladda dari sebuah artiket di internet. Dan saya pun menghubunginya untuk mengikuti trip ke Phi-Phi Islands seharga 1100 baht. Ms Ladda orangnya sangat friendly, dan agak cerewet. Dia sampai di hotel pukul 20.40. Dia seorang muslim juga. Ternyata dia orang melayu. Dia juga memberikan rekomendasi makanan halal yang kebetulan punya saudaranya dia.
Sebenarnya, saya pengen ikut paket tour juga untuk ke James Bond Island, namun mengingat waktu dan dana yang terbatas, akhirnya kami hanya memilih Phi-phi Island. Saya berharap jika kesini lagi, saya akan ambil James Bond Island. Selain itu juga saya penasaran dengan pulau yang dipakai buat syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio tersebut.
Tanpa basa-basi kami pun segera menuju ke tempat makan yang dikasih tau sama Ms Ladda itu. Letaknya dekat dengan hotel dan makanannya lumayan enak. Bukanya mulai sore sampai malam. Saya mencoba makanan nasi dan tumis ayam seharga 50 baht.
 Khao Pad Prik Kang
Manisan
*note : kalau beli makan, sudah dapat minum air es gratis
Saya juga sempat mencoba manisan khas sana, lupa namanya. Harga nya 10 baht. Lumayan enak sih. Ada sesuatu yang agak kaku bagi saya, yaitu ketika memberikan sesuatu kepada orang mereka menggunakan tangan kiri. Hal itu sering saya jumpai. Dan usut punya usut ternyata mereka menganut paham kalau menggunakan tangan kiri lebih sopan daripada tangan kanan. Berbeda dengan di Indonesia ternyata. :-)

Setelah makan, kami pun jalan-jalan ke ujung utara Patong. Bener-bener indah. Setelah puas ke ujung utara, kami ke ujung selatan, yaitu pusat kota nya Patong. Namung berhubung hujan deras, kami pun balik ke hotel dan beristirahat untuk persiapan esok pagi yang menguji adrenalin.  Day 4 >>