Labels

nnifson.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 September 2011

Klayar Beach

-->
Pantai Klayar - berada di wilayah Kecamatan Donorojo,Kabupaten Pacitan. Pantai ini terletak 35 km ke arah barat kota Pacitan atau dapat ditempuh dengan kendaraan darat sekitar 1 jam dari pusat kota. Ketika pertama kali Anda masuk ke dalam pantai ini anda mungkin akan langsung terkesima dengan keindahannya. Biasa dikatakan kalau pantai ini adalah pantai ter-eksotis yang ada di Pacitan. Hamparan pasir putih membentang luas dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, diapit bukit karang di kanan kirinya. Panorama  Klayar yang indah dari atas bukit karang juga tidak ada duanya.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas, berjalan-jalan menyusuri pasirnya yang putih menjadi alternatif yang menarik. Berjalan ke arah timur, Anda akan menemukan sebuah sungai kecil yang mengalir membelah pantai yang kemudian menyatu dengan air laut. Menyeberangi sungai ini akan menjadi pengalaman pribadi yang mengesankan, apalagi ditambah dengan deburan ombak pantai yang tidak terlalu deras yang akan menambah sensasi tersendiri. Tidak jauh dari muara ini, sungai lain yang lebih kecil mengalir tenang membentuk muara yang kedua. Dasarnya yang berpasir hitam dengan garis-garis pasir putih yang terbawa dari pantai merupakan suatu keindahan tersendiri.
Pantai berpasir putih ini juga memiliki keistimewaan lainnya, yaitu adanya “Seruling Laut”. Seruling laut ini terbentuk di antara celah karang dan deburan ombak yang deras sehingga bisa berbunyi seperti seruling. Seruling ini juga biasa disebut dengan “Air Mancur Alam”. Disebut air mancur karena selain mengeluarkan bunyi seperti seruling, air laut yang bertabrakan dengan batu karang tersebut juga memancar seperti air mancur. Ketinggian air mancur ini dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

0 komentar:

Posting Komentar